Situs Purbakala Menggung


Situs purbakala Menggung sering disebut sebagai lingkungan Candi Menggung, hingga kini masih dikeramatkan oleh masyarakat setempat. Pada setiap terbitnya wuku dukut perhitungan kalender Jawa, diselenggarakan upacara tradisi “Dhukutan” yang dimeriahkan dengan pertunjukan wayang kulit, sedangkan pada hari-hari tertentu sebagian masyarakat melakukan sesaji dan pemujaan terhadap leluhurnya.


Situs Purbakala Menggung terletak di Desa Nglurah Kecamatan Tawangmangu. Situs purbakala Candi Menggung posisinya tepat di bawah pohon yang besar  berumur puluhan tahun.  Beberapa bentuk peninggalan yang bisa dilihat antara lain berupa patung atau arca, serta beberapa bekas reruntuhan dan pondasi candi. Selain itu terdapat  tiga teras berundak. Teras pertama ada empat buah patung Dwarapala. Teras kedua terdapat tumpukan bebatuan sakral. Teras ke tiga berupa arca Dwarapala, dan terdapat  tembok pembatas sebagai pusat dari situs menggung. 



Di dalam tembok isinya dua arca yang berselimut berkain kotak, sebagai  perwujudan Kyai Menggung dan sebelahnya sebagai Nyi Rasa Putih.Situs purbakala Candi Menggung bisa dicapai dengan kendaraan pribadi dari arah Tawangmangu atau berjalan kaki dari terminal Tawangmangu.