Belajar SEO

Belajar SEO 


Apa itu SEO ? 
Bagaimana Cara Kerja nya ? 
dan Apa Manfaatnya Untuk Bisnis Saya ? 

Perubahan pola dan kebiasaan konsumen saat ini sudah mengarah kepada Google Minded. Apapun informasi maupun produk yang dicari, pasar Anda sudah menggunakan Google Search Engine untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. 

Apa itu SEO ?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, optimasi sebuah website untuk mendapatkan posisi terbaik saat tampil di laman pencarian atau search engine Google melalui penelurusan kata kunci tertentu. Sebagai contoh, misalkan saja Anda menjalankan usaha dibidang penjualan produk kecantikan atau perawatan tubuh dengan produk skin care. Nah, dengan memiliki sebuah website yang menginformasikan produk skin care yang Anda jual, apabila ada pengguna internet yang mencari informasi skin care dengan mengetikkan kata kunci skin care di search engine Google, maka website Anda akan muncul dihalaman pertama Google. Itulah manfaat dari Search Engine Optimization. 





Langkah pertama untuk memulai SEO, adalah riset Kata Kunci. Kata kunci apa saja yang paling banyak dicari oleh pengguna di Internet yang relevan dengan produk bisnis Anda, berapa jumlah pencarian per bulannya, dan kata kunci rekomendasi apa saja yang dapat digunakan yang sesuai dengan bisnis Anda, semua hal tersebut perlu Anda dapatkan saat melakukan riset kata kunci.


Buatlah sebuah website dengan sejumlah artikel yang berisikan beberapa kata kunci yang ditargetkan, tentunya yang sesuai dan relevan dengan bisnis Anda hasil dari riset kata kunci sebelumnya. Sesuaikan jumlah minimum kata yang ada disetiap artikel dalam website Anda dengan algoritma Google, terutama jumlah penguangan kata kunci di dalam setiap paragrafnya. Jika diperlukan, Anda dapat menggunakan alat bantu atau tools SEO yang banyak direkomendasikan di internet.  Setelah semua artikel tulisan, gambar dan lainnya selesai, publikasikan website Anda dan mulailah mempromosikan bisnis Anda melalui beberapa social media misalkan saja menggunakan Facebook Ads, Instagram Ads, atau yang lainnya. Manfaatkan pembangunan backlink dibeberapa situs yang memiliki reputasi baik untuk meningkatkan score SEO website Anda. 

Seiring berjalannya waktu, dengan rutinnya Anda melakukan optimasi on page dan off page untuk website Anda, maka posisi website Anda dihalaman pencarian akan meningkat jika ditelusuri dengan kata kunci yang Anda optimasi tadi. Pelajari kekuatan website pesaing, dan terus optimasi sampai kekuatan website Anda dapat menandingi pesaing-pesaing yang ada. 





Bagaimana Cara Kerjanya ?


Untuk meng optimasi sebuah website di laman pencarian, ada dua hal yang perlu diperhatikan, yakni SEO On Page dan SEO Off Page. Secara garis besar, SEO On Page adalah hal-hal apa saja yang perlu dilakukan didalam website Anda, diantaranya adalah jumlah artikel, judul, jumlah kata, jumlah pengulangan kata kunci, gambar, dan masing banyak lagi hal lainnya. Sedangkan SEO Off Page adalah hal-hal yang perlu dilakukan diluar dari website Anda, seperti pembangunan backlink dari situs-situs terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Backlink merupakan tautan link dari artikel yang ditayangkan pada website lain yang jika di klik maka tautan tersebut menuju ke website Anda. Pengerjaan SEO Off Page lainnya yang tak kalah penting adalah Social Share, yakni membagikan link website Anda di beberapa social media yang mendapatkan score oleh Google. Anda dapat membuat dan membagikan artikel singkat yang terdapat tautan link ke website atau halaman dalam website Anda di social media secara berkala.

Apa Manfaatnya ?

Sudah jelas sangat banyak sekali manfaatnya. Dengan posisi ranking berada dihalaman pertama search engine Google, maka website Anda akan memiliki lebih banyak potensi dikunjungi oleh para pencari kata kunci yang ditargetkan, dan tentunya hal ini akan semakin menambah peluang jumlah visitor yang mengunjungi website Anda. Dengan semakin bertambah banyaknya jumlah pengunjung ke website Anda, maka potensi untuk mendapatkan pelanggan bagi bisnis Anda pun akan semakin besar. Belum lagi jika Anda berminat untuk menayangkan iklan dari sponsor di website Anda, tentunya dapat memberikan penghasilan tambahan yang tidak sedikit.





Coba saja dulu, riset kata kunci yang sesuai dengan produk atau jasa dari bisnis yang Anda jalankan. Lihat bahwa ternyata begitu banyak jumlah pencarian akan produk atau jasa Anda diluaran sana. Mereka adalah calon pelanggan potensial bisnis Anda. Jangkau mereka, sampaikan bahwa Anda memiliki produk atau jasa yang sedang mereka cari. 

Berikut ini kami berikan contohnya. Anggap saja Anda misalnya menjual produk masker pemutih wajah alami, maka menurut hasil riset kata kunci, terdapat beberapa rekomendasi kata kunci yang bisa dipergunakan dalam mengoptimasi website Anda di search engine.


Dari satu kata kunci saja misalkan masker muka atau pemutih wajah alami yang memiliki jumlah pencarian hingga diatas 5.000 kali pencarian, bayangkan jika 10% nya saja misalnya yang mengunjungi website Anda dan tertarik untuk membeli produk masker pemutih wajah yang Anda pasarkan. Tentunya SEO ini merupakan salah satu metode pemasaran digital yang sangat luar biasa sekali manfaatnya.






Pastikan produk atau jasa Anda berada dihalaman pertama search engine Google jika dicari dengan kata kunci yang banyak dicari sesuai bidang usaha Anda. Kuasai tehnik-tehnik optimasi atau biasa disebut dengan istilah SEO (Search Engine Optimization). 

Ikuti Pelatihan Dasar-Dasar SEO (search engine optimization) yang dapat membantu mendatangkan calon konsumen tertarget untuk bisnis Anda. Dengan memiliki keterampilan dan keahlian SEO, Anda dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan promosi dan pemasaran untuk bisnis Anda sendiri, dan apabila Anda menghendakinya, tentunya Anda juga dapat membuka usaha Jasa SEO yang saat ini banyak dibutuhkan oleh para pemilik website. 

Untuk infromasi lebih lanjut, silahkan kunjungi "Rumah Kreatif Training Center" 

Rumah Kreatif Training Center