Basic SEO

Basic SEO


Apa itu SEO ?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang dapat diartikan pengoptimalan sebuah website dalam mesin pencarian (search engine) untuk menempati posisi teratas, atau setidaknya berada dihalaman pertama mesin pencarian dengan kata kunci yang ditargetkan. 



Fungsi SEO

SEO bertujuan untuk menempatkan posisi sebuah website pada posisi teratas dalam sebuah mesin pencarian berdasarkan kata kunci tertentu.

Saat ini hampir sebagian besar pengguna internet mencari informasi yang mereka butuhkan pada search engine (mesin pencarian) Google. Sehingga website yang dapat tampil dihalaman pertama mesin pencari Google dengan kata kunci pencarian tertentu, akan mendapatkan peluang yang jauh lebih besar untuk mendapatkan pengunjung yang mengakses website nya.





Bagaimana SEO Bekerja ?

Sebagai contoh, misalkan saja Anda adalah seseorang yang menyukai olah raga Zumba dan bertempat tinggal di Kabupaten Karanganyar. Suatu ketika, Anda ingin berolah raga Zumba dan jika memungkinkan bergabung didalam komunitasnya yang ada di kota Anda yakni Karanganyar. Maka, tentu saja Anda mencoba mencari informasinya dengan memanfaatkan Google search engine yang ada di gadget smartphone Anda dengan mengetikkan kata kunci misalnya "zumba karanganyar" atau "komunitas zumba di karanganyar", search engine Google terlebih dahulu akan menampilkan 10 link terbaik dihalaman pertama nya, sehingga 10 link yang berada dihalaman satu Google tersebut akan memiliki potensi untuk Anda kunjungi daripada informasi yang berada di halaman-halaman kedua ketiga dan halaman dibelakang lainnya. 


Apa Manfaat SEO Untuk Bisnis Saya ?

Tentu saja sangat besar sekali manfaatnya. SEO merupakan salah satu metode Digital Marketing yang saat ini menjadi pilihan populer para pebisnis yang memasarkan produknya secara online. Dengan menentukan kata kunci yang tepat untuk bisnis Anda, termasuk memilih kata kunci yang paling banyak dicari di search engine Google yang ada kolerasinya dengan bisnis Anda, maka website atau halaman online yang Anda optimasi  (seo) dan sudah berada dihalaman pertama search engine Google dengan kata kunci tersebut, akan memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk mendapatkan pengunjung yang mengakses website Anda. Tentu saja hal ini sangat membantu sekali. Karena pengunjung yang mengakses website Anda dengan kata kunci yang mereka butuhkan, tentunya bukan sembarang pengunjung, melainkan calon konsumen dari produk atau jasa yang informasinya ada didalam website Anda.

Bayangkan jika misalnya Anda bisnis dibidang produk hiasan dinding. Website yang Anda optimasi (seo) dengan kata kunci hiasan dinding dan kata kunci turunan lainnya yang direkomendasikan oleh Google. Apakah Anda sudah tahu ? Berapa banyak pencarian di search engine Google setiap bulannya yang mencari informasi dengan mengetikkan kata kunci "hiasan dinding" ? berikut ini contoh tampilan riset kata kunci (keyword research) untuk "hiasan dinding" beserta kata kunci rekomendasi lainnya yang relevan menurut Google :


Volume yang dimaksud dalam gambar tampilan riset kata kunci diatas adalah Jumlah Pencarian di search engine Google rata-rata setiap bulannya dalam 1 tahun terakhir. Berapa banyak target penjualan produk Anda ?
 



Dengan Metode SEO, Anda dapat memanfaatkan Google sebagai tenaga pemasaran bisnis Anda yang sangat efektif, efisien dan cepat. Karena Anda bisa mendapatkan banyak sekali jumlah pengunjung website yang notabene adalah calon konsumen produk Anda karena mereka yang berkunjung dari hasil pencarian informasi adalah yang memang mencari informasi produk yang ada diwebsite Anda.

Hal paling mendasar dari SEO adalah Riset Kata Kunci dan Memilih Kata Kunci apa saja yang sesuai dengan bisnis Anda, berdasarkan jumlah pencarian perbulannya dan juga tingkat persaingannya di mesin pencarian (search engine Google).

Anda bisa mempelajari SEO mulai dari Basic SEO hingga Advanced SEO dengan mengikuti pelatihan SEO yang diselenggarakan oleh Rumah Kreatif Training Center. Atau bagi Anda yang tidak memiliki waktu yang luang untuk mempelajarinya, Anda bisa pergunakan layanan jasa SEO yang disediakan oleh Rumah Kreatif.




Sebagai BONUS karena Anda sudah meluangkan waktu membaca informasi Basic SEO pada laman ini, kami akan memberikan secara cuma-cuma (100% GRATIS) informasi dan link url dari SEO Tools yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan riset kata kunci seperti pada contoh gambar diatas. Silahkan kirimkan Nama dan Alamat Email Anda untuk dapat kami kirimkan informasi link dan tata cara penggunaan Tools nya kepada Anda, Klik Disini